DISKRIMINASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

 Prisdawati Sinaga (18614531)

Diskriminasi 
Diskriminasi adalah perlakuan yang tidak adil kepada individu dalam suatu kelompok atau masyarakat, perlakuan ini didasari dari sikap yang cenderung membeda-bedakan orang lain atas dasar ras, suku, agama, jenis kelamin dan lainnya. Diskriminasi merupakan pelecehan, pembatasan atau pengucilan secara langsung atau tidak langsung. Diskriminasi sering kita dijumpai di dalam masyarakat. Ada dua jenis diskriminasi. Diskriminasi langsung dan tidak langsung. Diskriminasi langsung terjadi ketika adanya peraturan, kebijakan atau hukum yang jelas-jelas menyebukan karakteristik tertentu seperti ras, suku, agama atau jenis kelamin, yang menghabat adanya peluang yang sama. Sedangkan diskriminasi tidak langsung terjadi ketika peraturan, kebijakan atau hukum yang bersifat netral menjadi diskriminatif ketika diterapkan di lapangan.

Contoh kasus diskriminasi yang sering kita temui di masyarakat salah satunya diskriminasi dalam agama. Saat terjadi peristiwa genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Maraknya kerusuhan yang terjadi membuat provokator memecah belah antar suku dan agama.

Selain diskriminasi dalam agama, kekerasan dan etnis, Kasus diskriminasi juga sering terjadi pada layanan kesehatan. Banyak warga miskin yang tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan karena kekurangan biaya walau sesungguhnya mereka telah mempunyai kartu Jamkesda. Banyak alasan yang dikeluarkan oleh rumah sakit untuk menolak pasien kurang mampu. Tak sedikit pasien yang akhirnya meregang nyawa karena pihak rumah sakit tak mau menerima dan memberikan pemeriksaan kepada pasien kurang mampu. Contoh kasus penolakan terhadap pasien kurang mampu terjadi pada seorang bayi bernama Naila berusia 2 bulan, anak dari pasangan Mustari dan Nursia, warga Dusun Patommo, Desa Kaliang Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, yang meninggal dipangkuan ibunya setelah ditolak oleh Rumah Sakit dengan alasan kurang lengkapnya berkas keterangan sebagai warga miskin. Kasus ini terjadi pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2013.

Sebagai manusia sosial yang menjunjung tinggi HAM, sudah seharusnya kita mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada dengan sikap toleransi. Karena dalam kehidupan masyarakat di Indonesia selalu ada perbedaan, oleh karena itu saling menghargai adalah salah satu cara agar diskriminasi bisa dihindari. Selain menghargai sikap tenggang rasa juga diperlukan untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan. Perbedaan itu indah jika kita sebagai manusia bisa mengerti dan menghormati. 


Dampak Perkembangan Teknologi

Di era globalisasi ini teknologi sangat dibutuhkan. Hampit semua manusia bergantung pada teknologi. Teknologi sangat berperan penting bagi mahasiswa. banyak manfaat menguntungkan dari dampak teknologi. Namun, selain dampak positif teknologi juga memberikan dampak negatif kepada mahasiswa.

Dampak positif yang dihasilkan dari kemajuan teknologi diantaranya, tidak ada jarak. Maksudnya dengan kemajuan teknologi misalnya internet, mahasiswa bisa belajar jarak jauh atau dengan sistem pembelajaran online. Selain itu alat komunikas yang sangat canggih saat ini tidak lagi dikhawatirkan. Dengan alat komunikasi kita bisa berbicara bahkan bertatap muka dengan orang lain yang berada di benua lain. Selain itu dengan menggunakan internet mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dengan mudah. Mahasiswa bisa mencari informasi-informasi yang dibutuhkan saat belajar dengan mesin pencarian online. Teknologi membuat aktivitas manusia lebih mudah dan cepat.

Namun ada dampak negatif yang ditimbulkan dari teknologi. Misalnya, malas. Teknologi membuat mahasiswa kurang produktif dan malas. Mereka meyakini dengan adanya mesin pencarian mereka bisa mencari informasi dengan cepat dan buruknya mengkopi informasi dari mesin pencarian. Selain malas, teknologi membuat mahasiswa kurang fokus. SMS atau pesan singkat menjadi hobi bagi para mahasiswa. Mahasiswa bermain dengan ponselnya siang dan malam, saat menyebrang, saat mengemudi bahkan saat berada di kelas. Menjadi selalu terhubung di dunia online menyebabkan mahasiswa kurang fokus. 

Sebagai mahasiswa, sudah seharusnya mengetahui bagaimana memakai teknologi yang canggih pada saat ini dengan bijaksana dan pintar. Jangan sampai teknologi membuat hubungan sosial menjadi renggang terutama di dalam keluarga.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELAPISAN SOSIAL

How to translate NDS game language using Hex Editor Hex Workshop